Bunga Aglaonema

Aglaonema atau Sri rezeki di luar negri dikenal sebagai  Chinese Evergreen, tanaman hias yang cukup populer dari keluarga talas-talasan. Memiliki habitat asli di bawah hutan hujan tropis dengan pencahayaan rendah dan kelembaban tinggi, membuat tanaman ini mampu bertahan dalam ruangan tanpa cahaya selama satu minggu.

Memiliki julukan “Ratu Daun” paling eksotis, karena memiliki warna yang sangat bagus dan memanjakan mata. Kelebihan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta tanaman hias. Kami merangkum beberapa jenis dari 99.c0

Jenis Jenis Aglaonema

1. Aglaonema Lipstik (Siam Aurora)

jenis aglaonema lipstik

Memiliki daun berwana merah, aglonema merah siam auror ini juga dipertegas dengan warna hijau daun yang mengkilap.

2. Aglaonema Kochin

jenis aglaonema kochin

Mempunyai warna yang lebih merah dengan campuran hijau di tepi daunnya, tangkai yang panjang tampak menjuntai.

Aglaonema kochin super red memiliki nama lain Manee Srisuk, serta terdiri dari beberapa varian diantaranya : kochin merapi, kochin tembaga, kochin brown, kochin pink, kochin paramruay dan kochin golden love. Tanaman tersebut biasanya disimpan di tempat yang teduh, tanah humus atau kompos sering dijadikan sebagai media tanam dengan intensitas penyiraman dua kali sehari. Pemberian pupuk pada tanaman tersebut sebaiknya dilakukan 30 hari sekali dengan menggunakan pupuk NPK Daun.

3. Aglaonema Bidadari

jenis aglaonema bidadari

Perpaduan warna yang cantik membuat tanaman ini memiliki nilai jual yang tinggi, terdiri dari berbagai warna seperti kuning, jingga dan hijau dengan tangkai penopang merah muda pada ujungnya terdapat bercak bercak hijau. Tak heran bila tanaman ini memiliki julukan “bidadari”, karena memiliki paras cantik layaknya bidadari yang membuat siapapun terpesona melihatnya.

4. Aglaonema Moonlight

jenis aglaonema moonlight

Memiliki tampilan yang ideal dengan bentuk daun bulat cekung layaknya mangkuk, corak tegas dan tulang daun berwarna merah membuat keindahan moonlight semakin terlihat sempurna. Jenis Aglaonema ini termasuk yang terbaik nusantara.

5. Aglaonema Pride Of Sumatera

Bentuk tanaman yang sangat kokoh dan memiliki bentuk daun elips memanjang, tangkai daun berwarna pink serta tambahan bercak-bercak berwanra hijau gelap, merah, pink dan tulang daun yang berwarna merah menyala. Membuat Aglaonema Pride Of Sumatera ini menjadi jajaran kasta tanaman aglaonema termahal, pertama dirilis pada tahun 1993 dan mimiliki harga yang cukup stabil.

6. Aglaonema Legacy

jenis aglaonema legacy

Memilik daun berwarna hijau kekuningan, jenis ini masuk kedalam golongan termahal. Bentuknya bulat dan meruncing pada bagian ujung daunnya, ciri khas dari aglaonema ini daunnya dibatas oleh tulang daun berwarna merah yang lembut.

7. Aglaonema Adelia

jenis aglaonema lipstik

Nama jenis ini diambil dari kolektor tanaman hias asal Manila Filipina, yang bernama Adelia Angeles, rilis pada tahun 2000-an. Warna merah menyala dengan kombinasi hijau yang intens pada daun besar berbentuk ujung yang runcing membuatnya semakin terlihat cantik. Jika menggunakan media tanam tanah yang gembur, aglaonema jenis ini dapat tumbuh mencapai 30cm. Untuk merawat jenis ini, simpan pada tempat semi-panas dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Siram secara berkala dengan jumlah air sedang.

8. Aglaonema Widuri

jenis aglaonema widuri

Jika diperhatikan pada bagian tulang daun utamanya nampak merah menyala, mempunyai bentuk daun oval dan permukaan agak cekung serta helai daunnya berwarna kekuningan karena bercak hijaunya sedikit. Anak dari jenis ini sangat banyak, sehingga kita mudah sekali untuk mengembangbiakkannya.

9. Aglaonema Claudia

jenis aglaonema claudia

Aglaonema Claudia ini memiliki keunikan dengan permukaan daun yang berwarna hijau pucat, atau hijau kekuning-kuningan. Struktur daun yang rapi dan tersebar rata, jenis ini berasah dari negeri gajah Thailand. Merawatnya pun sangat muda, lakukan penyiraman setiap hari sekali dan rutin melakukan pemupukan minimal sebulan sekali.

10. Aglaonema Tiara

jenis aglaonema tiara

Jenis yang cukup terkenal, karena sering mendapatkan kemenangan pada lomba pameran kembang berskala nasional. Pertumbuhan yang cepat karena mudah bertunas, indukan dan anakan akan membentuk posisi yang rapih dan pertumbuhannya terarah. Memiliki daun yang merata serta spot warna merah kecil dan menyala, membuat aglaonema tiara ini masih tergolong tanaman yang mahal.

11. Aglaonema Red Ruby

jenis aglaonema red ruby

Pantas saja jenis ini dinamkan Red Rubi, karena memiliki warna merah ruby dan sedikit hijau. Tanaman ini akan sangat cocok jika disimpan di dalam ruangan, karena warnanya yang cantik dan bisa mempertahankan kesegarannya dalam waktu yang lama.

12. Aglaonema Paulina

jenis aglaonema paulina

Memiliki  daun bulat berukuran sedang berwarna pink dan terdapat bercak hijau, serta batang berwarna pink. Semakin mempercantik tanaman ini.

13. Aglaonema Khanza

jenis aglaonema khanza

Aglaonmea Khanza, termauk pada aglaonema mahal apalagi yang ukurannya lebih besar. Memiliki warna cantik dengan tepi daun kemerahan, dan batangnya berwarna pink.

14. Aglaonema Suksom

Jenis Aglaonema Suksom

Masih termasuk aglaonema kochin, jenis ini memiliki warna yang merah banget dan bentuk bulat runcing dengan warna hijau pada tepian daunnya.

15. Aglaonema Hijau

jenis aglaonema hijau

Sesuai namanya, jenis ini di dominasi warna hijau seperti batang dan tulang daunnya. Hanya corak tengahnya saja yang memiliki warna putih

Jenis Jenis Aglaonema Termahal dan Banyak Dicari

Aglaonema merah sempat mendominasi harga di pasaran, namun beberapa tahun belakangan tanaman aglonema yang daunnya berwarna merah sudah tak lagi menjadi primadona kembali. Kini posisinya tergeser oleh jenis tanaman yang daunnya berwarna lembut, seperti Aglanema Khanza.

Selain karena posisinya yang tergeser oleh primadona yang memiliki daun lebih lembut, jenis aglaonema merah ini memang banyak dibudidayakan dengan skala yang cukup besar. Sehingga membuat stoknya melimpah dan mempengaruhi harga, wabah corona pun turut andil dalam penurunan harga tanaman hias ditahun ini.

Berikut 3 Jenis Tanaman Aglaonema yang Mahal dan banyak dicari ditahun 2020 :

1. Aglaonema Khanza

jenis aglaonema khanza

Rilis pada tahun 2018 khanza memiliki tulang dan tepi daunnya yang unik yakni, berwarna pink.  Saat awal rilisnya tanaman ini dapat dijual dengan harga sekita 5-7 juta rupiah untuk satu tanaman dewasa. Karena pengaruh wabah, pada tahun ini harga pasarannya turun hingga 1-2 juta rupiah untuk ukuran tanaman dewasa.

2. Aglaonema Red Sumatera

Pernah menjuarai kontes tanaman hias internasional mewakili Indonesia pada tahun 2002 di Belanda, membuat “Red Sumatera” mendapatkan julukan pride of Sumatera yang berarti kebanggaan Sumatera. Sama seperti tanaman hias lain, harganya turun karena wabah yang terjadi diseluruh dunia. Namun tanaman ini masih memiliki harga yang cukup stabil jika dibandingkan dengan varietas lainnya sangat sudah sangat turun. Harganya masih berkisar sekitar 500 ribu sampai 1juta rupiah.

3. Aglaonema Kochin

jenis aglaonema kochin

Memiliki warna daun pink dengan tepi daun yang berwarna hijau tua, cukup heran jika tanaman ini dibanderol dengan harga mahal. Tapi mungkin dikarenakan masih barunya varietas ini, mengakibatkan harganya yang cukup mahal dipasaran, yakni sekitar 1jutaan.

Cara Merawat Aglaonema

1. Media Tanam

Tanah  yang tepat untuk tanaman ini memiliki tingkat pH netral atau berkisar 6-7.  Gunakan campuran kompos daun serta pasir dengan komposisi 3:1.

Jika anda ingin menanamnya didalam pot, pertama tama siapkan batu bata atau pecahan genting pada dasar pot, setelah itu isi dengan tanah dan kompos yang telah dipersiapkan sebelumnya.

2. Penyiraman

Intensitas penyiraman harus sangat diperhatikan, media tanam yang cocok untuk tanaman ini adalah tidak terlalu kering atau basah. Lakukan penyiraman satu kali sehari, untuk menjaga kelembaban tanah. Pastikan air bersih dan tidak mengandung kaporit.

3.Pemupukan Tanaman

Gunakan pupuk khusus untuk tanaman hias pada setiap 3 bulan sekali, bisa juga dengan memakai cairan beras setiap bulan. Siram atau beri pupuk pada media tanam, bukan pada daun atau batang tanaman.

4.Perawatan Daun

Siapkan beberapa alat berikut ini :

  1. Spons halus
  2. Susu bubuk
  3. Ampas Kelapa
  4. Air
  • Cara pertama, lapisi daun aglonema dengan air;
    1. Basahi spons dengan air bersih tanpa kaporit
    2. Lap semua daun dengan spons
  • Cara kedua, sedikit berlebihan tapi memiliki khasiat yang cukup bagus. Melapisi daun Aglonema dengan Susu :
    • Campur susu dan air pada gelas
    • Celupkan spons pada susu tersebut
    • Lap seluruh daun dengan spons tersebut.
  • Lapisi daun dengan ampas kelapa
    • Caranya mudah, hanya langsung oleskan daun dengan ampas kelapa yang telah disiapkan

 

Gimana sahabat blogtanaman, udah nemu aglaonema yang bagus untuk ruangan kamu?

Tinggalkan komentar