Bunga Anthurium

Bunga jenis Anthurium sempat populer di Indonesia pada jaman dahulu sekitar tahun 2006-2008, tanaman hias ini berasa dari dataran Amerika, tepatnya dari daerah Amazon yang memiliki iklim tropis.

Indonesia juga memiliki iklim yang sama dengan amazon, sehingga tanaman ini dapat tumbbuh subur saat ditanam di wiliyah Indonesia.

Bunga Anthurium

Anthurium sendiri memiliki keindahan pada bentuk daunnya, daun yang dimiliki bunga ini memiliki warna hijau tua dengan tulang besar dan urat yang menonjol. Hal ini membuat tanaman tersebut terlihat kekar namun tetap memancarkan keanggunan tatkala dewasa. Di tanah jawa sendiri dikenal sebagai tanaman para raja, karena sering menjadi hiasan taman istana kerjaan di pulau jawa.

Secara umum anthurium memilliki dua jenis, yaitu anthurium daun dan jenis anthurium bunga. Kali ini kita akan membahas jenis-jenis anthurium yang ada disekitar kita dan cara membudidayakan serta merawatnya.

Jenis-jenis Anhturium

1. Anthurium Kuping Gajah

Bunga anthurium kuping gajah

Kuping gajah adalah jenis anthurium yang banyak dipelihara, tanaman ini memiliki bentuk menyerupai hati. Dengan tulang daun berwarna putih yang menonjol, serta warna hijau sebagai latarnya.

2. Anthurium Corong

bunga anthurium corong

Jenis ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan kuping gajah (jika di lebarkan), tetapi daunnya lebih berkerucut membentuk corong. Oleh karena itu tanaman ini dinamakan anthurium corong.

3. Anthurium Gelombang Cinta

bunga anthurium gelombang cinta

Jenis ini paling banyak diminati oleh para penggemar tanaman hias, bahkan sempat populer dan memiliki nilai jual yang fantastis. Tanaman ini memiliki daun yang unik, bergelombang, berwarna hijau tua, dan dapat tumbuh besar.

4. Anthurium Bunga

Bunga Anthurium

Memiliki nama latin anthurium andreanum, di indonesia sendiri sering di sebut anthurium bunga karena memiliki bunga yang cantik.

Memiliki daun seperti kuping gajah, namun tulang daunnya tidak begitu menonjol. Memiliki bunga cantik yang mirip dengan bunga peace lily, pada umumnya anthurium bunga memiliki warna merah, putih dan ungu.

5. Anthurium Jemani

bunga anthurium jemani

Jenis ini bisa dikatakan sebagai salah satu jenis tanaman anthurium termewah, harganya mulai dari angka ratusan juta hingga tembus 1 miliar rupiah. Tanaman jenis ini memiliki daun besar, tebal, dan kokoh. Karakter daunnya mirip dengan gelombang cinta, namun tidak memiliki gelombang.

6. Anthurium Keris

bunga anthurium keris

Memiliki daun yang berbentuk menyerupai keris, membuat tanaman ini dinamai Anthurium Keris. Tanaman jenis ini memiliki kemiripan dengan gelombang cinta, tetapi daunnya sedikit lebih kurus.

7. Anthurium Sirih

bunga anthurium sirih

Daunnya seperti sirih, pada tahun 2019 popularitasnya sedang naik. Karena sulit dikembangbiakan, tanaman ini sangat sulit di jumpai di pasaran. Jika sekalipun ada harganya lumayan tinggi bisa mencapai ratusan ribu per daunnya.

Cara Membudidayakan Anthurium

1. Media Tanam

Tanaman hias ini dapat tumbuh dengan baik dan subur pada daerah yang memiliki ketinggian sekitar 1.400 m di atas permukaan laut.

Media tanam dalam budidaya anthurium ada berbagai macam jenis, tetapi yang paling banyak digunakan adalah media yang mengandung porous. Media yang memiliki sifat porous berasal dari campuran sekam dan pasir.

Komposisi Media Tanam

  • Sekam bakar dan cacahan pakis dengan perbandingan 4:1, bisa ditambahkan pupuk dekastar atau oskomot atau pupuk kandang yang telah difermentasi.
  • Sekam bakar, andam dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1
  • Humus, pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan 5:5:2

2. Perawatan

Melakukan perawatan pada tanaman hias ini sangatlah mudah dan sederhana.  Lakukan penyiraman dan pemupukan secara rutin, penyiraman bisa anda lakukan setiap hari sekali.

Untuk memberikan unsur hara yang dibutuhkan tanaman ini, anda bisa memberikan pupuk setiap tiga bulan sekali. Lakukan perawatan ekstra pada daun, karena daya tarik pada tanaman ini terletak pada daunnya. Bersihkan daun dari debu dan kotoran yang menempel, potong daun yang menguning.

Lakukan penggantian pot sekaligus media yang dilakukan mengikuti keadaan pada tanaman, seperti ukuran yang pot dan tanaman yang tidak sesuai. Sebelum melakukan pemindahan pot, lakukan pembersihan pada akar-akar yang membusuk. Pengaturan akar ini dimaksudkan agar akar mendapatkan kontak langsung dengan media pada pot baru.

3. Memperbanyak Anthurium

Generatif

Anthurium merupakan jenis tanaman yang memiliki dua jenis kelamin pada 1 tanaman. Namun dalam prosesnya, penyerbukan sangat jarang terjadi pada anthurium, hal itu dikarenakan bunga jantan dan betina tidak masak pada waktu yang bersamaan. Maka yang dapat kita lakukan adalah penyerbukan secara silang. Proses ini biasanya dapat menghasilkan varietas baru yang lebih cantik.

Cara Melakukan Penyerbukan Silang

Serbuk sari atau bunga jantan yang sudah masak akan berwarna kuning dan mudah rontok. Bunga betina ditandai dengan adanya lendir pada putik daun. Biasanya betina siap diserbuki pada 2-3 minggu setelah mekar, Jika bunga jantan & betina siap untuk segera melakukan proses penyerbukan buatan. Waktu yang baik untuk melakukannya adalah pada pagi hari jam 7-10 pagi.

  1. Oleskan Serbuk sari yang telah bersih ke cotton bud dan oleskan ke putik bunga yang lengket.
  2. Tutup bagian bunga dengan kantong plastik selama dua bulan.
  3. Lepas bunga dari pohon dan rendam auades selama 10 menit agar bisi yang menempel dapat terpisah.
  4. Biji-biji inilah yang setelah dikeringkan akan siap untuk disemai.

Vegetatif

Cara kedua untuk memperbanyak anthurium adalah dengan vegetatif, keuntungan dari porses ini adalah proses perbanyakan yang lebih cepat tanamanpun akan tumbuh lebih cepat. Namun kekurangan menggunakan cara ini adalah, hasilnya tidak sebanyak cara generatif. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Angkat Tanaman, cabut anthurium dari medianya lalu bersihkan yang masih menempel pada akar anthurium.
  2. Potong bonggol menjadi 2 bagian, (kedua potongan harus mempunyai akar0
  3. Oleskan ZPT, bekas potongan bisa diolesi ZPT agar dapat merangsang pertumbuhan.
  4. Tanam kembali pada pot yang terpisah, media tanam harus steril dan juga porus.

Demikianlah jenis jenis dan cara membudidayakan serta merwat anthurium yang baik dan benar, semoga artikel ini dapat membantu anda yang sedang mengidolakan tanaman yang satu ini. Jangan lupa baca artikel lainnya pada blog ini, semoga membantu 🙂

 

Tinggalkan komentar