Bunga Asoka

Tanaman hias yang satu ini bisa membuat kita bernosltalgia ke masa kecil, kerap kali ditemukan sebagai tanaman hias dipekarangan, bunga ini sering pula kita jadikan sebagai mainan pada masa itu. Bunga asoka memiliki nama latin saraca indica, pada umumnya bunga ini tumbuh bergerombol, ternyata tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

bunga asoka dan manfaatnya
https://paktanidigital.com/

Manfaat Bunga Asoka

1. Mencegah Kanker

Dulu mungkin kita sering menghisap nektar dari bunga karena rasa manisnya, tapi ternyata terdapat banyak manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari kebiasaan bocah itu. Pada cairan manis tersebut terdapat antosianain yang dapat mencegah infeksi dan kanker kandung kemih dan zat hermatoksilin yang dapat mengobati disentri hemoragik.

2. Mempelancar Haid

Bunga Asoka berfungsi sebagai astringent yang memiliki kemampuan sebagai pereda stres dan bisa menenangkan otot-otot rahim, sehingga dapat merelaksasai dan menormalkan siklus haid.

Cara Mengolah Bunga Asoka untuk Obati Haid

Campurkan 20 gram bunga asoka dengan 10 gram daging lidah buaya dan sepucuk bunga mawar. Rebus dengan 2 gelas air bersih lalu biarkan sampai menjadi 1 gelas dan minum 2-3 kali sehari.

3. Mengobati Memar

Daun asoka dapat digunakan sebagai obat luar untuk mengatasi memar, Caranya remas daun asoka hingga keluar sarinya, lalu dicampurkan dengan balsam dan setelah itu oleskan kebagian tubuh yang mengalami memar.

Bisa juga dikonsumsi dengan cara direbus dengan campuran serumpun. bunga asoka, bunga dewa , bunga mawar. Lalu rebus dengan air sebanyak 600 cc hingga air yang tersisa menjadi setengahnya, lakukan secara terus menerus dan minum 1-2 kali sehari setelah anda selesai makan.

4. Mengobati wasir dan disentri

Sama seperti sebelumnya, mengobati wasir bisa dengan cara mengkonsumsi bunga asoka dan akarnya. Cuci bunga sampai bersih, kemudian tumbuh sampai halus lalu rebus pada air mendidih dengan takaran air satu setengah gelas. Saring hasil rebusan bunga asoka dan minumlah selagi hangat sebanyak dua kali sehari.

Cara Menanam dan Merawat

Selain sebagai tanaman hias, bunga asoka yang memiliki manfaat yang sangat banyak. Ternyata tanaman hias ini juga mudah untuk dibudidayakan,  berikut adalah cara menanam dan merawat bunga asoka :

Menyiapkan Bibit

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bibit asoka yang bagus denga mudah, yakni cangkok dan cara stek. Tentu saja untuk memiliki bibit yang unggul, anda harus memilih indukan yang berkualitas.

Cara Stek

Pilih batang yang agak tua dan memiliki ukuran sekitar 15cm. Lalu setelah itu, potong batang dengan menggunakan alat yang bersih dan tajam. Perlu diketahui, memotong menggunakan alat yang kurang bersih bisa menyebakan tanaman terserang penyakit.

Cara Cangkok

Sama seperti sebelumnya, pilihlah batang yang sudah tua lalu tentukan area yang akan dicangkok, kupas kulitnya hingga terkena lapisan kambium batang.

Tutup bagian kulit tersebut menggunakan tanah serta pupuk kandang yang sudah tercampur. Ikat tanah dan tutupi dengan plastik, lalu siram dengan air bersih.

Penyemaian

Sebelum melakukan penyemaian tanaman asoka, ada beberapa hal yang harus disiapkan, seperti pupuk kandang serta tanah gembur yang telah dicampur sama rata, lalu masukan kedalam polybag.

Lepaskan cangkokan tanpa merusak tanah yang sudah terbentuk. Lalu setelah itu, masukan bibit hasil stek maupun cangkokan kedalam polybag yang sudah terisi, hingga seukuran pangkal batang.

Lakukan penyiraman secara teratur, sehari sekali agar tanah tetap lembab, diamkan sekitar 2 minggu atau hingga tumbuh daun mudah. Lalu pindahkan ketempat yang diinginkan.

Penanaman

Lakukan di tanah yang subur dan gembur. Buatlah lubang tanam yang diberi pupuk kandang. Waktu yang baik untuk menanam bunga tersebut adalah pagi dan sore.

Perawatan

  1. Lakukan penyiraman secara rutin, untuk menghindari kandungan bakteri yang akan menyebabkan terkena penyakit. Lakukan penyiraman dengan air bersih.
  2. Berilah pupuk kompos daun agar tanaman tubuh dengan optomal karena dapat merangsang tanaman agar menumbuhkan daun dan bunga lebih banyak.
  3. Lakukan penyiangan, untuk menghilangkan gulma yang berada di sekitar tanaman bunga. Gulma sendiri merupakan tanaman liar yang dapat menggangu pertumbuhan suatu tanaman, dan mengurangi keindahan dari tanaman hias tersebut. Selain itu gulma dapat mengambil nutrisi dari tanah yang terkandung dalam tanah.

Satu pemikiran pada “Bunga Asoka”

Tinggalkan komentar