Bunga Bougenville

Tanaman hias menjadi sesuatu hal yang wajib untuk mengisi sudut ruang dirumah kita. Disamping memiliki berbagai warna bunga yang indah, tanaman hias banyak digemari karena perawatannya cukup mudah.

Salah satu tanaman hias yang banyak digemari adalah Bougenville, atau yang sering disebut bunga kertas. Di alam liar, tanaman ini bisa tumbuh sangat tinggi seperti pohon pada umumnya. Tetapi untuk tanaman hias, biasanya dibuat untuk ukuran kecil atau sekitar 1 meter aja.

Jenis Jenis Bougenville

1. Bougenville Bambino Pedro

Bunga Bougenville Bambino Pedro

Memiliki warna merah dan merah tua yang cantik dengan daun hijau gelap, serta duri kecil pada bagian batangnya. Jenis ini dapat berbunga lebat saat musim kering. Namun ketika baru dipindahkan kedalam pot atau kebun, bougenville bambino pedro ini memerlukan penyiraman yang sedikit ekstra.

2. Bougenville Afterglow

Bunga Bougenville Afterglow

Afterglow menjadi jenis yang difavoritkan, karena bunganya bersemi berulang-ulang kali sepanjang tahun. Dan juga memiliki beberapa warna pada kelopaknya, seperti jingga, merah, dan warna koral.

3. Bougenville Bambino Majik

Bunga Bougenville Bambino Majik

Warna yang sederhana pada bambino majik ini bisa membuat dekor rumah anda sempurna. Memiliki kelopak bunga berwarna gradasi dari ungu ke putih, membuat tanaman ini tidak terlalu mencolok tetapi bisa menjadi pelengkap dipekarangan rumahmu. Dan bagusnya lagi bunga ini mekar sepanjang tahun.

4. Bougenville California Gold

Bunga Bougenville California Gold

Salah satu spesies genus Bougainvillea, tanaman ini memiliki kelopak bunga yang berwarna gradasi emas ke jingga. Meski termasuk tipe bunga kertas kuning yang banyak digemari. California gold memiliki sifat menggugurkan bunga dengan cepat, tak lama setelah bunga-bunganya bermekaran.

5. Bougenville Barbara Karst

Bunga Bougenville Barbara Karst

Jenis dari hasil perkawinan dua jenis (bunga hybrid), bunga ini memiliki tesktur halus dan warna yang beragam. Barbara karst memiliki warna magenta, merah, hingga warna scarlet. Jenis ini mampu mekar sepanjang tahun.

6. Bougenville Gold Rush

Bunga Bougenville Gold Rush

Dibanding jenis california gold, jenis yang satu ini memiliki kelopak kuning keemasan yang jauh lebih mencolok. Gold rush cocok untuk menjadi warna pembeda pada taman dirumahmu.

7. Bougenville Alexandra

Bunga Bougenville Alexandra

Warna ungu cerah yang elegan dan bunga yang sangat banyak saat bermekaran, dapat membuat taman dirumahmu menjadi lebih indah. Apalagi jenis alexandra memiliki sifat menggugurkan daunnya pada waktu-waktu tertentu.

8. Bougenville Bambino Baby Allison

Bunga Bougenville Bambino Baby Allison

Kelopak bunga yang berwarna pink lembut dan karakter daun yang kokoh berwarna hijau cerah, tanaman ini cocok untuk kamu yang menyukai warna cerah seperti pink. Jenis ini biasanya mekar pada awal musim panas.

9. Bougenville Coconut Ice

Bunga Bougenville Coconut Ice

Jenis ini umumnya berwarna putih, tetapi juga memiliki beragam warna lainnya. Mulai dari warna merah muda, ungu dan keputih-putihan. Coconut ice juga selalu mekar sepanjang tahun.

10. Bougenville Bambino Baby Victoria

Bunga Bougenville Bambino Baby Victoria

Baby victoria memiliki warna magenta yang cantik dan cerah. Jenis ini juga bisa mekar sepanjang tahun, tanaman ini cocok pada pekarangan rumah karena memiliki warna yang lebih mencolok.

11. Bougenville Baby Lauren

Bunga Bougenville Baby Lauren

Hampir sama seperti jenis allison, jenis yang satu ini memiliki warna yang lembut keunguan. Baby Lauren umumnya mekar pada akhir musim semi, awal musim panas dan pada akhir musim gugur.

12. Bougenville Cherry Blossom

Bunga Bougenville Cherry Blossom

Cherry Blossom memiliki kelopak berwarna merah muda yang bergradasi dengan putih. Jenis ini juga mampu terus mekar sepanjang tahun, tanaman ini cocok untuk pekarangan rumahmu.

Manfaat Bougenville

1. Menyerap Polusi Udara

Tanaman ini memiliki efek yang sangat baik untuk kualitas udara, menurut kepala dinas kehutan DKI Jakarta Suzi Marsitawati bougenville dapat menyerap polusi udara sebanyak 45,44 mikrogram/gram.

2. Mencegah Peradangan Lambung

Senyawa kimia pada daun tanaman ini dapat menimbulkan efek perlindungan dan menenangkan untuk usus. Sehingga dapat menjadi obat alami untuk menyembuhkan peradangan pada usus.

3. Mengobati Resistensi Insulin

Masalah resistensi insulin dapat diatasi dengan kadungan senyawa pintol yang dimiliki bunga bougenville. Bunga bougenville yang sudah dikeringkan dapat dijadikan teh untuk dikonsumsi sehari-hari.

4. Alternatif Antibiotik

Tanaman bougenville mengandung metanol khusus yang berperan sebagai antibiotik alami.

5. Merendakan Batuk

Gunakan beberapa kulit pohon yang sudah kering, lalu haluskan hingga menjadi bubuk. Lalu campurkan pada satu gelas air matang dan aduk rata, gunakan air untuk berkumur. ( Tidak perlu diminum )

6. Menangani Pencernaan

Daun bougenville dapat menangani masalah pada pencernaan karena memiliki senyawa anti-inflamasi dan memberi efek yang menenangkan untuk usus.

7. Menjaga Keseimbangan Kolesterol

Dengan mengkonsumsi teh dari bungan bougenville dapat membantu menjaga keseimbangan kolesterol dan tekanan darah. Mengkonsumsi teh dari bunga ini telah dilakukan sejak zaman dulu di Meksiko.

8. Mengatur Tekanan Darah

Teh dari tanaman ini dapat dikonsumsi sebagai minuman alami untuk mengatasi tekenan darah tinggi dan mengatur tekanan darah.

9. Membasmi Bakteri

Ekstrak pada daun bougenville dapat membantu melawan perkembangan bakteri seperti S typhi, Micrococcus luteues, Escheria Colli, P vulgaris, S flexneri dan bakteri lainnya. Karena itu daun bougenville mampu menyembuhkan masalah pencernaan seperti diare.

10. Sumber Antioksidan Alami

Zat antioksidan yang cukup tinggi pada bunga bougenville dapat melawan semua radikal bebas yang terdapat pada saluran pencernaan dan organ lain dalam tubuh.

Cara Merawat Bougenville

1. Penyiraman

Seperti pada umumnya tanaman lain, pada awal penanaman bunga bougenville sangat membutuhkan nutrisi dari pasokan air yang diberikan pada masa awal pertumbuhan. Akar yang baru tumbuh membutuhkan jumlah air yang banyak dibandingkan akar yang sudah tumbuh besar.

2. Sinar Matahari

Tanaman ini membutuhkan sekitar 70% sinar matahari, oleh sebab itu tanaman ini tidak terlalu cocok untuk dijadikan hiasan dalam ruangan.

3. Pemupukan

Jika ingin mendapatkan bunga yang lebat dan tanaman yang sehat, bisa menambahkan pupuk secara berkala. Walaupun tanaman ini bisa tumbuh dimana saja dan tahan pada cuaca kering, tetap saja wajib diberi pupuk secara berkala untuk hasil yang maksimal.

 

 

 

Tinggalkan komentar