Bunga Janda Bolong

asal usul jenis dan manfaat serta cara merwata bunga janda bolong

Monstera Adansonii Variagated atau yang sering kita sebut Janda bolong merupakan tanaman yang sedak populer saat ini.

Memiliki ukuran daun yang lebar serta bentuk yang unik, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta tanaman. Janda bolong juga sangat cocok untuk menghiasi sudut ruangan di rumah anda.

Asal Muasal

Monstera sendiri berasa dari bahasa latin monstrous yang berarti abnormal (tidak normal). Penamaan tersebut diambil dari bentuk pinggirannya yang seperti robek bahkan ada yang bolong. Daerah asalny sendiri dari negara Meksiko serta hutan-hutan tropis di daerah Benua Amerika.

Berikut beberapa diantaranya jenis monstera dari 50 jenis yang ada didunia :

  • Monstera Adansonii
  • Monstera Vasquezii
  • Monstera Dubai
  • Monstera Acacoyageunsis
  • Monestera Alticola
  • Monstera Buseyi
  • Monstera Coloradensis
  • Monstera Barrieri
  • Monstera Deliciosa
  • Monstera Epipremnoides
  • Monstera Filamentosa
  • Monstera Tenois

Keistimewaan dan Manfaat

1. Memperbaiki Kualitas Udara

Tidak hanya mempercantik sudut ruangan, menempatkan tanaman ini pada ruangan ternyata dapat memperbaiki kualitas udara yang ada di dalam ruangan tersebut.

2. Diperbanyak Dengan Mudah

Tanaman ini sangat mudah untuk dibudidayakan, anda bisa melakukan teknik vegetatif sederhana, yaitu dengan setek batang. Monstera dapat mengeluarkan akar gantung yang mampu memproduksi akar sejati. Media tanam yang digunakan pada umumnya dapat berupa campuran tanah, pasir dan kompos dengan perbandingan seimbang.

Pada awal masa tanam, pilih pemupukan yang mengandung lebih banyak unsur nitrogen dibandingkan unsur hara lainnya, salah satunya pupuk organik. “dikutip dari klikhijau.com 6 hal istimewa pada janda bolong

3. Dijual dengan Harga Tinggi

Menurut saya ini poin penting, harga tanaman ini yang terus menanjak. Mengoleksi janda bolong tentu bukan sesuatu yang merugikan, bisa jadi ini akan menjadi investasi bagi anda.

4. Mudah dirawat

Kebanyakan orang ingin memiliki tanaman hias, tetapi tidak sanggup untuk merawatnya. Karena beberapa tanaman hias memang memerlukan perawatan yang sangat ekstra.

Berbeda dengan tanaman Janda bolong yang cukup toleran dengan kondisi ruangan yang minim pencahayaan alami. Tanaman ini juga dapat ditempatkan di area dengan pendingin ruangan.

Cara Merawat

1. Suhu

Walau dapat bertahan pada ruangan dingin dengan pencahayaan yang minim, tetap saja tanaman janda bolong memerlukan perhatian khusus juga. Jangan sampai suhu yang tidak teratur menghambat pada pertumbuhan tanaman ini.

Di siang hari tanaman hanaya bertahan pada suhu 23° C sampai 23° C sementara pada malam hari setidaknya berada pada suhu 15°C. Jika anda merasa tanaman janda bolong tidak tumbuh secara optimal, maka mulailah memperhatikan suhu pada ruangan yang terdapat tanaman ini.

2. Sinar Matahari

Walaupun tanaman ini sangat kuat disimpan pada ruangan yang minim dengan cahaya alami (matahari), tetapi pada dasarnya semua tumbuhan memerlukan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis.

Beberapa tips yang bisa anda lakukan supaya tanaman ini mendapatkan cahaya walaupun berada di dalam ruangan.

  1. Letakan tanaman ini tidak terlalu jauh dari jendela
  2. Pindahkan Pot secara berkala pada tempat yang terdapat sinar matahari

3. Penyiraman

Seperti pada umumnya, semua tanaman memerlukan penyiraman yang sangat teratur. Lakukan dua kali penyiraman dalam satu hari, yakni pagi dan sore hari.

Sangat tidak disarankan melakukan penyiraman pada siang hari, karena itu dapat mengganggu proses fotosintesis .

4. Tanah

Tanah adalah objek utama dimana tanaman dapat tumbuh, untuk menjaga asupa air dan mineral yang dibutuhkan tumbuhan. Anda harus melakukan pencampuran tanah dengan pasir dan juga kompos dengan perbandingan 1:1:1

5. Pemupukan

Pupuk menjadi suatu hal yang sangat penting untuk tanaman, pupuk menjadi tanaman semakin subur dan berbunga lebih cantik. Berikan pupuk pada awal penanaman atau bisa dikatakan pupuk dasar, lalu berikan kembali pada saat tanaman sudah besar sebagai pupuk lanjutan.

6. Gulma

Gulma atau rumput liar sangat berbahaya bagi tanaman hias, selain dapat menyerap air serta nutrisi yang seharusnya diserap oleh tanaman. Gulma juga berpotensi menjadi tempat bibit penyakit dan hama yang dapat mengganggu tanaman janda bolong.

Itulah asal muasal jenis serta manfaat dan cara merawat bunga janda bolong atau monstera, semoga artikel ini dapat membantu anda yang ingin membeli dan merawat janda bolong. Baca juga artikel lainnya tentang bunga asoka 

 

 

Tinggalkan komentar