Bunga Telang

Bunga Telang Manfaat dan Cara Menanamnya
www.baliexpress.jawapos.com

Memiliki nama medis Clitoria ternatea, bunga yang dikenal sebagai tanaman hias ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Bunga Telang

Bunga yang memiliki warna biru dan ungu ini kerap kali tumbuh di pekarangan atau hutan hutan di negara Asia Tenggara. Namun manfaat bunga telang ternyata digunakan di India untuk pengobatan Ayurveda.  Ada juga beberapa manfaat yang dapat menyehatkan tubuh anda, seperti berikut ini :

1. Menambah daya Ingat

Ekstrak pada bunga ini terbukti meningkatkan kadar asetikolin, dalam otak tikus. Asetikolin dalam neurotransmitter atau zat kimia penghantar yang memegang peranan vital, dalam mengingat dan mempelajari sesuatu.

2. Mengatasi Gangguan Kecemasan

Dikutip dari sehatq.com , dalam sebuah riset beberapa waktu yang lalu,  pada sebuah jurnal Acient Science of Life, para peneliti berusaha melihat manfaat bunga telang yang dikonsumsi secara bersamaan dengan aktivitas yoga.

Hasilnya sangat memuaskan, bahkan dalam satu sesi yoga saja, mengkonsumsi bunga telang bisa mengatasi gangguan kecemasan.

3. Meringankan Depresi

Pada sebuah studi, para peneliti mengekstrak 25 senyawa phytocom, dari ekstrak etanol dari bunga telang. Di antara beberapa senyawa yang ditemukan, mereka menemukan asam linolenat dan asam palmitat, yang dipercaya bisa mengatasi gangguan mental depresi.

  • Asalm Linolenat sendiri adalah asam lemak omega-3 esensial, yang bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Memiliki sifat neuroprotektif(melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan).
  • Asam Palmitat adalah senyawa yang mirip dengan asam linolenat. Hanya saja, asam palmitat memiliki antioksidan yang juga sudah terbukti memiliki sifat antidepresan.

4. Mengandung Antioksidan

Pada sebuah studi berjudul International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, para peneliti menyimpulkan, ekstrak metanol yang dikandung bunga telang, sangat berpotensi untuk menjadi antioksidan.

Antioksidan sendiri adalah sebuah zat penting yang bisa melindungi sel sehat, di dalam tubuh.

5. Menyembuhkan Luka

Esktrak yang terdapat pada biji bunga telang mengandung senyawa fenolik glikosida yang dapat menyembuhkan luka.

6. Mengurangi Peradangan

Bunga ini mengandung sekitar 51-52% asalm oleat. Asam lemak yang menyehatkan ini biasanya ditemukan pada minyak zaitun, pada beberapa studi menyatakan. Asam oleat mampu mengurangi peradangan, dan memiliki efek positif, untuk mengurangi risiko terkena kanker.

7. Menyehatkan Jantung

Bunga telang juga dipercaya bisa mengatasi kolesterol tinggi (hiperlipidemia). Itulah mengapa, bunga telang dipercaya mampu menyehatkan jantung.

Cara Menanam Bunga Telang

Disamping warnanya yang cantik dan mampu memperindah pekarangan rumah, bunga telang juga memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini kita akan membahas cara menanam bunga ini di pekarangan rumah.

Benih Bunga Telang

Pilih benih yang bekualitas, anda bisa membeli dan memilih benih berkualitas di toko pertanian terdekat, atau ada bisa menggunakan cara seperti merendam benih selama kurang lebih 3 sampai 5 menit.

Pilih beberapa benih yang mengambang lalu singkirkan, lalu setelah itu rendam kembali selama 12 jam. Perendaman ini berfungsi untuk menghentikan proses dolmansi pada benih adar lebih mudah bertunas.

Penanaman

Angkat dari perendaman dan diamkan terlebih dahulu pada suhu normal, lalu siapkan media tanam seperti polybag. Sediakan juga tanah humus dan pupuk kandang.

Campurkan dengan perbandingan 2:1 lalu masukan kedalam media tanaman yang sudah disiapkan sebelumnya(polybag).

Lakukan penyiraman secara berkala hinga tanaman benih bertunas dan menjadi bibit dengan ketinggian sekitar 5cm. Biasanya akan muncul sekitar 1 sampai 2 minggu setelah masa semai, biarkan selama 5 minggu maka kecambah akan menjadi bibit.

Perawatan

Setelah menjadi bibit, kita bisa memindahkannya kedalam pot yang memiliki ukuran lebih besar dengan media tanam yang dicampur tanah dan pupuk serta pasir, dengan perbandingan 2:1:1

Pasang ajir berupa bambu agar bisa tumbuh kokoh , lakukan penyiraman 2 kali sehari, dan pemupukan lanjutan setiap 2 hinggga 3 minggu sekali.

Demikianlah artikel tentang manfaat dan cara merawat bunga telang, semoga bermanfaat untuk anda yang ingin membudidayakannya dirumah.

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar