Bunga Wijaya Kusuma

Setiap tanaman mempunyai ciri khas dan keindahan masing-masing, ada yang memiliki keindahan dari daun yang berwarna warni dan ada pula yang memiliki bunga yang sangat cantik ataupun dikenal dengan mitos mitosnya.

gambar Bunga Wijaya Kusuma jenis dan manfaatnya
grid.id

Kali ini kita akan membahas salah satu bunga yang memiliki banyak sekali mitos dibalik keindahannya, memiliki nama latin Epiphyllum Oxypetalum. Bunga wijaya kusuma sering kali dianggap bunga asli Indonesia, tetapi sebenarnya bunga ini berasal dari Amerika Selatan dan Tengah. Wijaya kusuma banyak di temukan di Venezuela dan Meksiko, sementara di Indonesia banyak ditemukan di pulau Jawa dan Papua.

Alasan bunga ini sangat lekat dengan mistis adalah karena mekarnya hanya pada malam hari, dan masyarakat percaya bunga ini bisa membawa rezeki dan membuat bulu kuduk berdiri. Tetapi dibalik mitosnya yang banyak, bunga ini juga memilik banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Mitos Bunga Wijaya Kusuma

1. Bunga Mistis

Seperti dikutip dari 99.c0 bunga ini dipercaya sebagai tanaman hias kesayangan Ratu Selatan, atau yang sering disebut Nyai Roro Kidul.

Masyarakat jawa percaya, bahwa bunga malam ini diciptakan khusus sebagai sesajen dan simbol dari Nyai Roro Kidul, sosok yang dipercaya menguasai Pantai Selatan. Ada sebuah cerita menyebutkan seorang putri yang mengasingkan diri ke Pantai selatan untuk menghindari pernikahan yang tak pernah ia inginkan.

Sang putri yang menginginkan ketentraman hati, memutuskan untuk terjun kedalam laut dan kono menikah dengan sosok gaib. Anak dari kedua pasangan tersebut dikabarkan cacat, dan sosoknya digambarkan sebagai kelopak bunga wijaya kusuma.

2. Tanaman pembawa untung

Bunga wijaya memiliki makna tersendiri, yakni wijaya memiliki makna kemenangan dan kusuma diartikan sebagai tegak (dalam bahasa jawa) .

Bila diartikan secara menyeluruh, mimiliki makna kemenangan mutlak dimiliki seorang raja. Dari sinilah tersebar sebuah mitos, bahwa barang siapa yang melihat wijaya kusuma mekar di malam hari, maka ia akan mendapatkan keberuntungan atau rezeki layaknya seorang bangsawan.

3. Mengangkat Derajat Seseorang

Mitos yang lain adalah, siapapun yang menanam bunga malam ini dirumah, maka derajatnya akan terangkat bagai raja dan ratu. Karena orang orang percaya bunga ini adalah bunga para raja dan ratu.

4. Tanaman Asli Indonesia

Seperti yang disebutkan diatas, karena memiliki nama khas indonesia. Tanaman ini seringkali dianggap bunga asli Indonesia, padahal sebenarnya, bunga ini berasa dari Venezuela Amerika Selatan. Bunga ini dibawa oleh para pedagang China ke Indonesia pada zaman kerajaan Majapahit.

Terlepas benar atau tidaknya itu tergantung pribadi masing-masing, karena hakikatnya rezeki sudah ada yang mengatur. Dan hal hal gaibpun memang benar adanya, tak bisa dipungkiri tetapi kita hanya bisa meminta perlindungan pada tuhan YME.

Ciri-ciri Bunga Wijaya kusuma

Ratu malam atau wijaya kusuma termasuk kedalam spesies keluarga kaktus (Cactaceae). Berikut adalah beberapa ciri pada tanaman langka tersebut :

  • Memiliki batang utama yang berbentuk seperti silinder.
  • Tinggi batang tanaman ini dapat mencapai 2 sampai 3 meter.
  • Mempunyai daun yang panjangnya bisa mencapai antara 13 hingga 15 cm.
  • Bunga dari tanaman ini berdiameter sekitar 10 cm dengan warna putih dan hanya akan mekar pada tengah malam.
  • Tiap helai daun memiliki bentuk pipih dan berwarna hijau.
  • Permukaan daun memiliki tekstur yang sangat halus tanpa ada duri.
  • Pada tepian daun bunga ini memiliki lekukan-lekukan yang berfungsi sebagai tempat untuk tumbuhnya tunas-tunas baru.
  • Tanaman ini berbuah berbentuk bulat dengan warna merah serta terdapat biji yang berwarna hitam pekat.

Jenis-jenis Baunga Wijaya Kusuma

1. Epiphyllum Pumilum

Epiphyllum pumilum, merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga kaktus berbunga yang sama seperti bunga wijaya kusuma, sama seperti bunga wijaya kusuma. Jenis ini juga dijadikan tanaman hias di halaman rumah.

Ciri dari tanaman ini yaitu memiliki bunga yang berwarna putihan atau sedikit kekuningan, memiliki wangi yang khas dan memiliki diameter sekitar 10 hingga 15 cm, bentuk batang yang silindris dapat mencapai ketinggian sekitar 80 sampai 150 cm.

2. Epiphyllum Hookeri

Spesies ini dapat tumbuh dengan ketinggian hingga mencapai 90 sampai 120 cm dan memiliki batang yang berdiameter mencapai 36 hingga 48 mm.

Bunga dari jenis ini berwarna putih, namun pada tangkai putiknya berwarna sedikit keunguan atau merah muda, sehingga bunga ini terlihat sangat indah. Bunga ini memiliki mahkota berjumlah antara 20 hingga 25 helai, jika dilihat dari jauh, bunga ini mirip bunga tertai yang sedang mekar.

3. Epiphyllum Laui

Sama seperti spesies lainnya Epiphyllum Laui termasuk kedalam kategori tumbuhan kaktus. Tanaman ini memiliki ciri-ciri yang berbeda dari kedua spesies Epiphyllum lainnya.  Berikut adalah ciri-cirinya :

Tanaman ini bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 30 – 50 cm, bunganya mempunyai panjang sekitar 15 hingga 16 cm, dengan diameter 14 sampai 16 cm. Warna bunga putih ke krem-kereman, dan berwarna hijau dan bagian tepinya berliku tapi tidak tajam dan panjang daun bisa mencapai 14-15 cm. Memiliki buah berbentuk lonjong dan cukup besar sekitar 6-7 cem, dengan daging tebal sekitar 3-4 cm.

Warna daging dari buah spesies ini umumunya berwarna merah, merah muda atau putih ketika telah masak. Biji dari tanaman ini berbentuk bulat seperti telur berwarna hitam dan berukuran sangat kecil sekitar 2×1 mm saja.

4. Epiphyllum Crenatum

Epiphyllum Crenatum adalah salah satu jenis tumbuhan kaktus berbunga dengan ciri-ciri tersendiri, yakni sebagai berikut :

Mempunyai daun berwarna hijau namun sedikit keabu-abuan, warna bunga putih ke krem-kreman dengan bentuk bulat sedikit lonjong. Tinggi bisa mencapai sekitar 18 hingga 29 cm. Bunga dari tanaman keluarga kaktus ini berdiamter mulai dari 15 sampai 20 cm dengan aroma yang sangat harum.

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma

Bunga wijaya kusuma mengandung beberapa kandungan seperti Glukosa, asam sitrat dan mint yang sangat berkhasiat untuk kesehatan kita.  Berikut beberapa manfaat bunga wijaya kusuma untuk kesehatan.

1. Mengatasi Asma dan Sesak Nafas

Kandungan senyawa kimi pada bunga wijaya dipercaya berkhasiat dalam menyembuhkan sesak nafas karena asma, caranya dengan meminum air rebusan bunga ini secara teratur.

2. Mengatasi Radang Tenggorokan

Kandungan mint pada tanaman ini berkhasiat melegakan dan membuat tenggorokan kembali segar.

3. Mengobati TBC dan Batuk Berdahak

Dalam pengobatan tradisional bunga wijaya kusuma telah dikenal dapat menyembuhkan Tuberkolosis (TBC). Caranya dengan merebus beberama kuntuk bunga wijaya kusuma bersama sedikit gula aren. Setelah rebusan airnya matang, siap untuk diminum. Kandungannya berkhasiat untuk membasmi virus penyebab TBC.

4. Menyembuhkan Luka

Dengan menempelkan tumbukan bunga pada luka, akan membuat luka cepat kering dan mencegah infeksi.

5. Mengobati Bisul

Bunga wijaya kusuma juga dapat menyembuhkan bisul dan penyakit luar lainnya, cara pengobatannya sama seperti menyembuhkan luka. Yakni dengan cara menempelkan tumbukan kuntuk bunga pada bisulnya.

6. Mengatasi Nyeri Lambung

Bunga ini memiliki PH netral dengan kandungan yang berkhasiat untuk meredakan sakit dan nyeri pada lambung. Caranya dengan meminum rebusan bunga ini secara rutin.

Cara Menanam Wijaya Kusuma

Dibalik mitosnya yang sangat mistis, ternyata bunga wijaya kusuma juga memiliki manfaat yang sangat banyak. Jika anda ingin menanamnya di pekarangan rumah, anda bisa menyimak tips cara menanam bunga ini disini:

Pembibitan

Lakukan pemisahan pada rumput bibit dan rumput akar, cara ini berguna untuk memisahkan tanaman bibit dan tanaman induk serta memilah bibit tanaman indukan. Bibit tanaman yang bagus adalam tanaman yang terlihat tumbuh lebat, kesuburan dan tinggi tanaman.

Media Tanam

Langkah berikutnya adalah menyiapkan media tanam untuk bunga. Siapkan bahan bahan dan perbandingan : tanah 3, humu 1, pasir 2, dan pupuk organik 1.

Campurkan ke empat bahan tersebut secara merata, siapkan pot berdiameter 15 – 30 cm dan bahannya adalah pasir, batang paku tiang, sphagnum dan lumut.

Cara Menanam

Jika kedua langkah sudah terpenuhi dan bahan sudah disiapkan, menanam bunga wijaya kusuma sangatlah mudah, anda tinggal memasukan bibit bunga kedalam pot dengan kedalaman lubang 5 cm. Tutup bibit tersebut dengan tanah lalu siram dengan air bersih untuk meminimalisir bakteri dari air kotor.

Cara Merawat Bunga Wijaya Kusuma

Wijaya kusuma termasuk kedalam tanaman kaktus yang tentunya tidak terlalu menyukai tanah yang basah, tanaman ini sangat mudah untuk dirawat. Seperti dikutip dari atikelruma123.com, berikut adalah tips cara merawat bunga wijaya kusuma.

1. Memerlukan Air yang Pas

Memang termasuk keluarga kaktus, tetapi tanaman ini juga tidak berasal dari gurun pasir seperti kaktus yang sering kita lihat. Sebaliknya tanaman ini justru berasal dari hutan yang cukup lembab.

Tanaman ini memerlukan air lebih banyak dibandingkan kaktus lainnya, yang penting anda menjaga tanahnya agar tetap lembab.

2. Sinar Matahari Yang Cukup

Seperti diketahui tanaman ini berasal dari hutan yang cukup lembab, usahakan berada pada tempat yang terang dengan cahaya matahari tidak langsung. Jika memang tanaman ini mendapatkan sinar matahari langsung, tanaman ini akan tetap tahan. Tetapi upayakan untuk terus mengaturnya.

3. Pemberian Pupuk Berkala

Pemberian pupuk sangatlah umum untuk semua jenis tanaman, apalagi tanaman hias. Jika ingin melihat tanaman ini cepat berbunga, anda harus memberikan pupuk secara rutin. Pupuk organik seperti kotoran binatang atau dari tumbuhan, dapat menjadi pilihan terbaik untuk tanaman anda.

4. Bersihkan Bunga Secara Rutin

Jika ingin tetap mendapatkan hasil yang terbaik dari bunga wijaya kusuma, rajinlah membersihkan bunga dari hama dan parasit. Setiap tanaman pasti tak luput dari serangan hama dan parasit, anda harus sigap secara rutin membersihkan hama hama tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai jenis, manfaat , mitos serta cara menanam dan merawat bunga wijaya kusuma. Semoga artikel ini bermanfaat untuk ada para pembaca. Terimakasih

Tinggalkan komentar